Laporan Akhir 3





1. Komponen [kembali]

Gambar 1. Komponen Percobaan 3 (KEYPAD)


Gambar 2. Komponen Percobaan 3 (LCD)


2. Rangkaian Simulasi [kembali]

       
Gambar 3. Rangkaian Percobaan 3 



3. Flowchart [kembali]

Gambar 3. Flowchart Percobaan 1


4. Listing Program  [kembali]


#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}


5. Video [kembali]








6. Analisa [kembali]

Percobaan 3 :

1.             Pada rangkaian percobaan, kenapa digunakan pin data hanya dari D4 sampai D7?

               Karena pada percobaan,kita menggunakan keypad dengan ukuran 4x3 yang dimana keypad hanya membutuhkan 4 bit data saja. Jika digunakan pin D0-D3 maka inputannya sebesar 8 bit data. Oleh karena itu digunakan pin D4-D7 saja karena inputannya sebesar 4 bit data.

 

2.             Pada percobaan digunakan keypad 4x3. Apakah ketika kita gunakan keypad 4x4 ada perbedaan dari programnya? Jelaskan dimana?

               Pada percobaan dengan menggunakan keypad 4x3=12 dimana keypad hanya menggunkan 4 bit   sehingga pin pin yang digunakan yaitu pin D4-D7. Sedangkan jika kita menggunakan keypad 4x4=16 ,maka keypad akan menggunakan 8 bit data, sehingga pin-pin perlu ditambah dengan pin D0-D3.

 

7. Link Download [kembali]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar